Total Tayangan Halaman

Kamis, 01 Agustus 2013

Materi Multimedia 2

TEKS, GAMBAR & GRAFIK

TEKS (TEXT)

Jenis-jenis Teks


1. Plain Text (Unformatted Text)
  • Teks adalah data dalam bentuk karakter.
  • Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni. Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127).
  • Contoh plain text adalah pada saat kita mengetik dengan
    menggunakan notepad (.txt).
2.Formatted Text (Rich Text Format)
  • Serangkaian karakter format yang telah didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf).
  • Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarna, diganti font, dan lain-lain.
3. Hypertext
  • Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965)
  • Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking.
    Contoh hypertext :
  • HTML : Hypertext Markup Language
  • XML : eXtensible Markup Language 
GAMBAR (IMAGE)

Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D. Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit).

Format gambar digital memiliki 2 parameter:
  • spatial resolution = pixels X pixels
  • color encoding = bits / pixel
GRAFIK (GRAPHICS)

 Ada 2 jenis grafik:
  1. Raster: dimana setiap pixel didefinisikan secara terpisah.
  2. Vector: dimana formula matematika digunakan untuk menggambar graphics primitives (garis, kotak, lingkaran,elips, dll) dan menggunakan attributnya. Gambar vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, semua manipulasi dilakukan melalui rumus.
Perbedaan antara Raster / Bitmap dengan Vector akan dijelaskan dalam video di bawah ini:





Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut dapat
dimanipulasi secara dinamis:

  • motion dynamics = obyek / background bergerak
  • update dynamics = obyek berubah bentuk, warna, dll.
 FORMAT FILE GAMBAR:
  • Bitmap (.BMP)
  • Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)
  • Graphics Interchange Format (.GIF)
  • Portable Network Graphics (.PNG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar